Ignis Natura Renovatur Integra. Powered by Blogger.
RSS

mindmaker

dari manakah datangnya inspirasi seseorang ? tapi sebentar, apakah inspirasi itu sesungguhnya ? apakah inspirasi sama dengan ide cemerlang yang datang mendadak saat kita sedang leyeh-leyeh sambil makan cemilan? ataukah ia datang dari sebuah proses pembelajaran hidup yang cukup lama ?

menurut saya; inspirasi is nothing ! just a bullshit talk echoing from corner to corner..
mengapa demikian ? karena apa yang selama ini kita anggap sebagai inspirasi sebenarnya bukanlah hasil kerja kita. mengapa ? anggaplah saya sedang menulis puisi yang seolah datang dari inspirasi, namun sesungguhnya, yang saya kerjakan hanyalah sekedar menata kata-kata dalam susunan tertentu yang mengekspresikan ide saya dan yang menurut saya maupun orang di sekitar saya bernilai 'artistik', atau 'nyeni'. hanya itu! menata kata adalah pekerjaan harian manusia, baik dipergunakan secara persuasif, defensif maupun agresif, namun pada intinya sama: menata ide dalam kata-kata. namun bila saya renungkan lebih lanjut, sebenarnya dorongan ide itu bukanlah dari saya. saya hanyalah robot yang sekedar bekerja tanpa sadar menata kata-kata karena tiba-tiba pikiran atau perasaan tertentu menyuruh saya melakukannya. pikiran atau perasaan itu muncul karena reaksi terhadap suatu penyebab, yang tentunya berasal dari luar diri saya. dan karena itu saya tak ubahnya boneka bertali yang digerakkan entah oleh siapa untuk menulis sebuah puisi; dan saya menamakannya: inspirasi.

apakah terlalu fatalis ?

tidak juga

sepanjang hidup saya, selalu ada penyebab yang menggerakkan diri ini dari luar. seulas senyum manis dari si gadis desa sebelah akan menggerakkan mesin pikiran dan emosi dalam robot bernama manusia ini untuk mengolah data sepanjang hari. pikiran akan larut dalam upaya memikirkan taktik untuk menggaetnya, sedangkan emosi akan tumbuh perlahan-lahan sebagai ketertarikan yang dinamakan cinta. namun itu bukanlah 'saya' yang sesungguhnya. itu adalah kerja dari berbagai sistim insting, emosi gerakan dan pikiran dalam bekerja memproses input senyuman manis si gadis desa sebelah. saya yang sesungguhnya tidak sadar mengapa itu bisa terjadi. coba tanyakanlah; mengapa saya berpikir terus tentang si gadis ? mengapa sesuatu yang selama ini saya sebut sebagai diri saya tidak mampu untuk mengendalikan kecenderungan itu ? mengapa saya membiarkan diri saya dikendalikan oleh seulas senyuman manis ? apakah senyum itu adalah inspirasi bagi anda juga ? im sorry, for me its just a bullshit talking that echoing from corner to corner...

by [DisKonekted]
[penganut sinisme akut]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar sehat ::

mPitzky said...

itu namanya meme, mas. bahasa jawanya 'memetics', ilmu tentang meme, tentang peniruan dan sesuatu semacamnya. iya sih, kerjanya seperti echo yang menggaung di ruang kosong dan deraunya ketangkep telinga siapa dan apapun yang ada dalam radius gelombang rambatannya.

try reading 'Virus of the Mind'. Gramedia udah nerjemahin koq. disitu kamu bakal ngerti kenapa di saat yang sama ada 2 orang ilmuwan yang menemukan hal yang hampir mirip.

pokoke top markotop wes!

*eh, anjing... baru kali ini gwa komen segini banyak!*

DisKonekted said...

thanks atas sarannya, cuman sekarang ini "waktu" buat baca hal-hal menyenangkan seperti itu sudah tersedot habis untuk sesuatu yang lain. btw, kalo besok ke gramedia pasti tak beli..

(ini dia orang yang hobi bacanya hal-hal yang sama 'meme') -)