Ignis Natura Renovatur Integra. Powered by Blogger.
RSS

kebosanan ? bosan ?

saya sering bertemu dengan orang yang mengeluh bosan. tidak ada sesuatu yang baru, sesuatu yang menarik. demikan kata mereka. sebenarnya saya merasa heran, sekaligus tidak heran (alias biasa-biasa saja) mendengar hal tersebut. mengapa ? pertama, karena dunia ini memang membosankan. mengapa ada banyak hiburan, holywood, infotainment dsb ? ya karena itulah; karena dunia ini memang membosankan bagi mereka, para penikmat hiburan. kedua, karena dunia ini terlalu menarik, sehingga tidak ada sebutir debu pun yang tidak bisa dilewatkan. kemenarikan yang berlebihan dari dunia inilah yang akhirnya menjadi hambar bagi sebagian orang. saya ? bagi saya dunia ini datar namun tak membosankan. kedataran dunia ini adalah keindahan tersendiri bagi saya. saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan hanya duduk dan tak melakukan apapun tanpa merasa bosan. duduk itu sendiri bagi saya adalah suatu kenikmatan tersendiri, rasa kursi yang lembut, tarikan nafas yang nikmat, tembok yang bercerita banyak, irama aliran darah yang berdesir dan berbagai keindahan lainnya. mengapa harus bosan ?

dimasa muda saya dahulu, barangkali kebosanan selama lima menit sudah dapat menjadi alasan pembenaran yang amat kuat untuk segera mengambil sepatu treking, bekpek dan matras lalu segera pergi ke kaki gunung untuk "berpetualangan". namun saya nyatakan sekarang bahwa semua itu hanyalah ilusi, kemanapun kita pergi, kita selalu membawa kaki dan puncak gunung dalam diri kita, jadi untuk apa jauh-jauh mencari ? dimasa muda dulu, kebosanan yang begitu parah biasanya disembuhkan dengan sebotol congyang bersama kawan-kawan dipinggiran sungai, namun sekarang saya sadari bahwa kemabokan yang lebih nikmat ada dalam permenungan diri sendiri.

setiap hari yang saya jalani selalu dipenuhi dengan keindahan dan kegembiraan, walaupun bagi orang lain mungkin terlihat amat membosankan. angin yang saya rasakan dalam perjalanan keseharian terasa sangat segar dan menyejukkan jiwa, sementara menurut beberapa orang membawa bibit penyakit berupa virus influensa. saya merasa sangat bahagia menjalani hari-hari saya walaupun dikejar jadwal penawaran lelang yang sangat mendesak, tagihan-tagihan yang jatuh tempo dan rekan-rekan yang menganggap sulit usaha yang saya jalankan. saya tidak pernah heran pada kesulitan maupun kemudahan, tidak ada hal yang terlalu kecil sehingga ia pantas untuk dilewatkan pun tidak ada hal yang terlalu besar untuk dikejar-kejar. saya pernah menempuh jarak 10 km, 15 km berjalan kaki hanya demi uang dua puluh ribu rupiah, namun pernah juga ongkang-ongkang di rumah sambil mengerjakan proyek senilai 1.1 milyar. membosankan ? sebaiknya kita tinjau lagi akar kata "bosan" itu. jangan-jangan nanti malah menyesatkan kita pada keputus-asaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar sehat ::

mPitzky said...

well, I've got very, very low benchmark in tolerating boring things. mbok diajari to, pakdhe, piye carane ben gak gampang bosen....

Anonymous said...

hwih, kemajuan tenan, kang. muga2 wae keyakinan iki bisa sumrambah, andayani kabeh tata gelare urip panjenengan.