Ignis Natura Renovatur Integra. Powered by Blogger.
RSS

Terlambat Sudah

Orang jawa menamakannya nepsu. Dalam bahasa indonesia menjadi nafsu. Barangkali dalam bahasa inggris jadi lust. Dalam bahasa arab nafsi. Berasal dari bahasa hebrew nephesh. Intinya satu : keinginan kuat, keterikatan pada sesuatu yang begitu kuat. “sesuatu” ini barangkali benda, atau kejadian/ peristiwa, moment, seseorang dan apapun itu. Menurut saya, Nafsu lebih pas diartikan dengan lust dalam bahasa inggris, karena secara impresif ia lebih mengena. Dengan keseluruhan negativisme yang dimuatnya, lust menjadi satu-satunya kata yang tepat. Mengapa ? kurang bisa dijelaskan secara gamblang.

Menurut orang kebanyakan, nafsu sering diidentikkan dengan something bad, sesuatu yang buruk. Menahan nafsu sering diidentikkan dengan perbuatan baik. Ini adalah salah kaprah terbesar bagi umat manusia. Karena bahkan yang bisa membawa manusia ke sorga adalah nafsu. Jiwa manusia bertemu tuhannya melalui nafsu. Dan perlu diperhatikan bahwa nafsu, dalam term ini, adalah a state of consciousness. Saya akan mencoba untuk menjelaskan dalam konteks salah satu agama.

Dalam islam dikenal adanya tiga tahapan nafsu; pertama nafsu ammarah, kedua nafsu lawwamah dan ketiga nafsu muthmainah. Nafsu ammarah adalah kondisi kesadaran saat ia haus akan kesenangan-kesenangan yang sifatnya duniawi. Manifestasi dari nafsu ini adalah keinginan untuk makan makanan enak, pakaian bagus sesuai dengan mode dan trend yang sedang berlaku, rumah bagus bergaya villa, memiliki lawan jenis yang bermacam-macam sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Demikianlah nafsu ini. Dalam konteks ini pula mengapa dalam semua agama ada yang dikenal sebagai ibadah puasa (berasal dari bahasa pali : vassa). Puasa adalah peralatan kesadaran untuk mengendalikan nafsu dari level terendah menuju ke level yang lebih tinggi. Mekanisme puasa adalah untuk mengaduk kesadaran hewani, kesadaran fisik, kesadaran instingtif agar terangkat ke permukaan dan bisa dikenali oleh si manusia yang pada selanjutnya dijadikan sarana pelajaran, basic training, pengendalian emosi, menuju ke kesadaran kontrol yang lebih kuat.

Eh setan, malah kotbah nih ya ? batal diteruskan lah ya ?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar sehat ::

mPitzky said...

ya? saya?

*kesummon dipanggil setan*

DisKonekted said...

yes... akhirnya datang juga ...